Minggu, 11 Oktober 2015

Tugas 2 - Psikologi Manajemen

       Nama Jabatan              : Finance & Accounting Manager
Departemen                 : Finance & Accounting
Atasan langsung          : Director Finance
Bawahan langsung      : finance Supervisor

Tujuan jabatan; merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntasi di perusahan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahan. Berikut adalah tanggung jawab utama dari staf akuntung:

1. Mengelola fungsi akuntasi daam memproses data dan informasi keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan perusahan secara akurat dan tepat waktu (dalam bulan / tahun)

2. Mengkoordinasikan dan mengontrol perencanaan, pelaporan, dan pembayaran kewajiban pajak perusahan agar efisien, akurat, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

3. Merencanakan, mengkoordinasikan dan mengontrol arus kas perusahan (cashflow), terutama pengelolaan piutang dan hutang, sehingga memastikan ketersediaan dana untuk operasional perusahan dan kesehatan kondisi uang

4. Merencanakan dan mengkoordinasikan penyusunan anggaran perusahan, dan mengontrol penggunaan anggaran tersebut untuk memastikan penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan operasional perusahan

5. Merencanakan dan mengkoordinasikan pengembangan sistem dan prosedur keuangan dan akuntasi, serta mengontrol pelaksanaannya untuk memastikan semua proses dan transaksi keuangan berjalan dengan tertib dan teratur, serta mengurangi risiko keuangan

6. Mengkoordinasikan dan melakukan perencanaan dan analisa keuangan untuk dapat memberikan masukan dari sisi keuangan bagi pimpinan perusahan dalam mengambil keputusan bisnis, baik untuk kebutuhan investasi, ekspansi, operasional maupun kondisi keuangan lainnya

7. Merencanakan dan mengkosolidasikan perpajakan seluruh perusahan untuk memastikan efisiensi biaya dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan.

Keahlian dan pengatahuan: 

1. Kepemimpinan 
2. Integratas 
3. Pemerikan analitis 
4. Kerjasama 
5. Peduli terhadap keteraturan 
6. Pemerikan stratejik

Latar belakang pendidikan dan pengalaman: 

1. Pendidikan minimum S-1 dalm bidang keuangan atau akuntasi 
2. Pemahaman mengenai standar akuntasi di Indonesia 
3. Pemahana mengenai sistem keuangan dan akuntasi (komputerisasi) 
4. Pemahan mengenai perpajakan  
5. Pemahaman mengenai treasury 
6. Pengalaman minimal 10 tahun variabel dalm mengelola keuangan di industri keuangan
consumer goods, atau manufaktur.


Nama jabatan : Customer Service

Customer Service adalah pelayanan yang disediakan oleh suatu perusahan untuk melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang biasanya meliputi penerimaan order/ pesanan barang, menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahan yang bersangkutan. Customer Service adalah istilah bahasa inggris untuk perkerjaan pelayanan pelanggan. Customer Service bisa ditempatkan di front office dan berinteraksi langsung secara tatap muka dengan pelanggan atau back office dan berinteraksi melalui telephone atau internet. Berikut adalah tugas Customer Service:

1. Melayani kebutuhan pelanggan memberikan solusi, mencatat pesan atau persoalan yang harus diselesaikan perusahan dan lain-lain

2. Resepsionis, sebagai penerima tamu yang datang ke Bank. Dengan fungsi melayani pertanyaan yang diajukan pelanggan/ nasabah dan memberikan informasi yang diinginkan

3. Sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan pelanggan/ nasabah atau calon nasabah

4. Sebagai orang yang menjual produk

5. Sebagai relation officer yaitu seseorang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh pelanggan/ nasabah

6. Sebagai komunikator 

       Customer service dapat dari jurusan mana saja dengan minimal jurusan D3 atau S1, dengan syarat memiliki kemampuan komunikasi yang baik, menguasi komputer, mampu berbahasa inggris, cekatan, ramah, dan memiliki jiwa melayani.


Nama jabatan                         : Supervisor
Bertanggung jawab kepada    : Manager/ Asst. Manager

Supervisor adalah seseorang yang diberikan tugas dalam sebuah perhimpunan perusahan sebagaimana ia mempunyai kuasa dan wewenang untuk mengeluarkan perintah kepada rekan kerja bawahannya. Berikut ini adalah tugas seorang Supervisor: 

-    Supervisor bertanggung jawab untuk mengatur, mengontrol, dan meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia, bahan baku setengah jadi atau yang sudah jadi dan mesin-mesin produksi didalam wilayah tanggung jawabnya guna memaksimalkan effsiensi, meminimalkan biaya dan menghasilkan bahan setengah jadi atau yang sudah jadi memenuhi standard kebutuhan pelanggan.
-       Bertanggung jawab dalam melakukan supervisi langsung terhadap regu yang dibawahi (serta mampu mensupervisi secara tidak langsung semua karyawan yang berada dibawah tanggung jawabnya), hal ini termasuk dalam memberikan bimbingan/ pelatihan kepada anak buah guna mencapai tingkat batas minimum kemampuan yang diperlukan bagi teamnya dan mendisiplinkan anak buahnya sesuai dengan ketentuan/ peraturan yang berlaku diperusahan
-      Bertanggung jawab dalam mecapai tingkat kuantitas (output), kualitas dan schedule produksi serta tingkat utilisasi mesin produksi yang telah ditetapkan dan disepakati bersama 
-      Bertanggung jawab dalam pemenuhan standard kualitas hasil produksi sesuai dengan tingkat kebutuhan costomer dan schedule pengiriman hasil produksi sesuai PPIC schedule 
-      Bertanggung jawab terhadap keselamatan kerja dan standard kebersihan lingkungan kerja (keteraturan/ kerapihan lingkungan kerja) 
-         Bertanggung jawab dalam melakukan koordiasi dan membina kerja sama team yang solid  
-       Bertanggung jawab dalam membuat laporan secara berkala kepada atasannya atas hasil kerjanya berserta analisa permasalahannya, tindakan-tindakan perbaikan atas permasalahan tersebut serta batas waktu estimasi penyelesaian masalah-masalah tersebut secara singkat, padat, dan kongkrit

Hasil utama dan tantanga seorang Supervisor :

-      Diharapkan memiliki keterampilan dan pengatahuan atas “proses” dari setiap mesin yang menjadi tanggung jawabnya tersebut
-       Diharapkan memiliki pengatahuan atas aplikasi produk dari pelanggan (customer product knowledge) 
-       Diharapkan untuk mengatur program perbaikan berkelanjutan guna mengliminasi ahan tidak jadi dan meningkatkan efisiensi
Wewenang Supervisor: 

-       Wewenang dalam mendisiplinkan bawahan nya sesuai dengan ketentuan/ peraturan yang berlaku di perusahan   
-       Wewenang dalam menghentikan dan mengatur pengoperasian mesin-mesin produksi guna mencapai hasil produksi sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta pemenuhan batas waktu pengeriman hasil produksi 

Untuk menjadi Supervisor minimal Pendidikan setara dengan S1 dapat berasal dari jurusan apapun dengan minimal IPK ≥ 3.00, berpengalaman dan menguasai Microsoft Office.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar