Jumat, 02 Oktober 2015

Tugas 1 - Psikologi Manajemen


Psikologi Manajemen terdiri dari dua suku kata, yaitu Psikologi dan Manajemen. Untuk mengatahui apa sih arti dari psikologi manajemen kita perlu mengatahui terlebih dahulu pengertian psikologi dan manajemen. Ditinjau dari ilmu bahasa, kata psikologi berasal dari kata psyche yang artinta jiwa dan logos artinya ilmu pengatahuan. Jadi psikologi adalah ilmu pengatahuan tentang jiwa atau ilmu jiwa. Sedangkan menurut kamu besar bahasa indonesia manajemen adalah orang yang mengatur perkerjaan atau kerja sama diantara berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran atau orang yang berwenang dan bertanggung jawab membuat rancana, mangatur, mempin, dan mengendalikan pelaksanaannya ntuk mencapai sasaran tertentu. Kata manajemen itu sendiri berasal dari bahasa Prancis kuno menagement yang artinya seni melaksanakan dan mengatur.
Lalu? Pengertian dari psikologi manajemen itu sendiri apa? Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana menatur/ me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Terus apa kaitannya dengan psikologi? Psikologi adalah ilmu yang kaitannya dengan manusia atau sumber daya manusia (SDM) sedangkan SDM itu tersebut merupakan faktor terpenting dari ketoga modal kerja perusahan manapun. Ilmu psikologi mampu mengintervensi berbagai faktor internal manusia, seperti:
·         Motivasi, contoh apa motivasi karyawan datang tepat waktu
·         Sikap kerja, contoh bagaimana sikap kerja karyawati yang sedang mengalami PMS
·         Keterampilan, dsb
Sehingga mampu mencapai kinerja SDM yang tinggi untuk produktivitas perusahan.
Sedangkan didalam suatu manajemen terdapat yang namanya organisasi, organisasi terdiri dari kelompok orang-orang atau dapat dikatakan juga terdiri dari kelompok-kelompok tenanga kerja (dalam hal organisasi perusahanan)yang berkerja untuk mencapai tujuan organisasinya. Manajemen memiliki empat fungsi utama yaitu:
1.  Planning (Perencanaan), hal ini merupakan proses awal untuk menetapkan tujuan dan target, menggunakan strategi apa yang dipakai untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, menentukan sumber daya apa saja yang akan dipakai.
2.      Organizing (Pengorganisasian), proses bagaimana strategi untuk mencapai suatu tujuan dan target itu dapat bekerja dalam perencanaan yang sesuai, menetapkan struktur organisasi yang menunjukan adanya tanggung jawab, terdapat kegiatan pengembangan, serta pelatihan untuk meningkatkan kualitas. 
3.    Directing (Pengarahan), proses pelaksanaan program-program dalam organisasi, dalam hal ini terdapat job description (seperti hal apa saja yang akan dilakukan) agar dapat dilaksanakan dengan baik
4.      Controlling (Pengawasan), proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah di rancana, organisasi, arahan dapat berjalan sesuai target dan dapat mencapai tujuan.
Contoh kasus: suatu perusahan “X” adalah perusahan baru yang bergerak pada bidang jasa online, seperti pengiriman barang dan transpot yang dapat diakses dengan mendownload aplikasi perusahan “X” di smartphone, perusahan “X” memiliki tujuan untuk mengurangi pengangguran yang ada di kota selain itu memiliki tujuan untuk memudahkan pengguna jasa layanan perusahan “X” dalam bidang transportasi dan pengiriman barang (Planning), dalam penerimaan driver perusahan “X”, perusahan “X” memberikan kreteria-kreteria yang memenuhi standar, setelah penerimaan driver tersebut diberikan pengarahan tentang apa saja yang akan didapatkan oleh driver, bagaimana cara menerima orderan (Organizing dan Directing), setelah itu diperlukan pegawasan utnuk memastikan semuanya berjalan dengan baik (Controlling) .
Sumber daya (suatu potensi yang dimiliki suatu materi atau unsur tertentu) terbagi dalam lima hal yaitu:
1.      Sumber daya manusia, contohnya karyawan yang berkerja di suatu perusahan tertentu
2.      Sumber daya informasi, bukan hanya data informasi melainkan mencakup perangkat keras, perangkat lunak dalam suatu perusahan dan para pemakai informasi
3.      Sumber daya fisik, semua komponen yang ada didalam perusahan seperti komputer, meja, kursi, dan lain sebagainya
4.      Sumber daya keuangan, segala sesuatu yang berasal dari uang seperti penanaman modal
5.     Sumber daya alam, segala potensi yang berasal dari alam seperti tanah yang dipakai untuk mendirikan perusahan, air, dan lain sebagainya
Komunikasi adalah suatu proses pengiriman berita dari seseorang kepada orang lain. Contoh: si “S” memberikan berita kepada “M” bahwa “W” sudah dipecat dari perusahan akibat korupsi. Unsur komunikasi:
1.      Adanya pengirim berita ( si “S”)
2.      Penerima berita ( si “M”)
3.      Berita yang dikirim (infomasi dan fakta bahwa “W” telah dipecat dari perusahan)
·         Fakta dan informasi
·         Emosi
·         Fakta yang bercampur emosi
4.      Media pengirim




Tidak ada komentar:

Posting Komentar